Video pembelajaran “Aku dan Lingkunganku”

Detak jantung ini… bisa terganggu karena asap kendaraan, kapal, pesawat terbang. Jika sudah begitu, apa yang selanjutnya terjadi???

check it…. http://www.youtube.com/watch?v=GgvHiNV0isU&feature=youtu.be

Dahulu, iklim di bumi silih berganti antara menghangat dan mendingin. Namun, sejak terjadinya revolusi industri di Inggris (abad ke-18), perubahan iklim cenderung terus menghangat atau yang lebih dikenal sebagai pemanasan global. Selain dapat menaikkan permukaan air laut, pemanasan global juga dapat menyebabkan perubahan pola iklim di bumi. Perubahan pola iklim akan berakibat rusaknya habitat setempat dan mengganggu kehidupan makhluk hidup.

Penipisan lapisan ozon (O3). Ozon merupakan lapisan pelindung dari ultra violet sinar matahari. Sinar ultra violet yang terlalu banyak dapat menyebabkan kanker kulit, penurunan sistem kekebalan tubuh, bahkan dapat mengubah struktur genetika makhluk hidup. Penipisan ozon ternyata disebabkan oleh pemakaian freon atau  cloroflourocarbon  (CFC) yang berlebihan. Freon biasanya digunakan untuk AC, lemari es, dan  sprayer  (penyemprot). Di stratosfer, freon akan melepaskan atom klor (Cl). Atom klor inilah yang merusak ozon. Satu atom freon dapat merusak 100.000 molekul ozon. Dalam vidio ini akan di analogikan dengan animasi kartun ‘Ozzy Ozon’ yang lucu sehingga membuat siswa tertarik dan memotivasinya dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan dengan memulai dar hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kemajuan teknologi dan industri ternyata juga membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia. Hasil pembakaran bahan bakar fosil keperluan industri menghasilkan karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen oksida, debu, dan jelaga. Semua itu menggangu kehidupan manusia. Selain itu gas buangan kendaraan bermotor bercampur dengan gas buangan industri atau rumah tangga membentuk asap kabut (asbut). Asbut dapat menyebabkan iritasi mata dan gangguan pernapasan Kamu sudah mengetahui bahwa proses pengalihan karbon ke atmosfer menimbulkan gangguan. Dalam proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan senyawa karbon. Hasil fotosintesis itu adalah oksigen yang sangat bermanfaat. Berdasarkan hal tersebut, maka penanaman tumbuhan sangat diperlukan. Harapannya, makin banyak pohon makin banyak senyawa karbon yang diubah menjadi oksigen. Penggunaan AC (freon )sebaiknya diminimalisir. Selain itu usaha penggunaan bahan bakar fosil perlu dihemat lagi dan digantikan sumber energi alternatif baru.

About fafa

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains 2011 A FMIPA UNESA

Posted on May 27, 2013, in VIDEO PEMBELAJARAN and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: