LAPORAN OBSERVASI LABORATORIUM IPA SMP KHADIJAH, SURABAYA Disusun untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Organisasi Laboratorium

LAPORAN OBSERVASI

LABORATORIUM IPA SMP KHADIJAH, SURABAYA

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Organisasi Laboratorium

Disusun oleh :

  1. Maya Anggraini                        113654006
  2. Azmil Mufidah                          113654017
  3. Arya Dwi Susetyadi                 113654025
  4. Miftachul Rahma                     113654036
  5. Fafa Neli Silfana                       113654041

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari alam secara sistematis dan bersifat dinamis. Pembelajaran IPA tidak hanya meliputi penguasaan konsep-konsep, atau  prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses untuk membuktikan konsep-konsep dalam materi pembelajaran, sehingga siswa harus mendapatkan pengalaman melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum tersebut dilaksanakan pada laboratorium baik laboratorium terbuka ataupun laboratorium tertutup.

Laboratorium dianggap sebagai jantung ilmu pengetahuan karena sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPA di sekolah-sekolah dan dalam pembentukan sikap siswa. Jika laboratorium dalam sekolah tersebut sudah lengkap maka akan mengoptimalkan proses pembelajaran IPA dan sebagai tempat bagi siswa untuk belajar memahami karakteristik alam dan lingkungan melalui optimalisasi keterampilan proses serta mengembangkan sikap ilmiah. Dimana laboratorium dapat digunakan siswa secara individu ataupun berkelompok bekerja dalam rangka proses belajar. Ruangan-ruangan dalam  laboratorium dapat dikendalikan kondisinya sebagai persyaratan pengamatan dan pratikum dapat dilakukan misalnya suhu, tekanan, kelembaban, gerak udara dan cahaya. Bentuk, ukuran, denah atau tata letak fasilitas laboratorium dirancang agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dalam laboratorium dapat berjalan dengan baik dan nyaman. Dalam perancangan gedung laboratorium IPA SMP hendaknya diperhatikan pengembangan dan kemajuan metodologi pengajaran yang sedang berkembang. Dari pemaparan tersebut keberadaan dan pengelolaan laboratorium sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran baik di tingkat SMP maupun SMA. Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan dan pengelolaan laboratorium kami melakukan observasi pada salah satu laboratorium IPA tepatnya laboratorium IPA di SMP Khadijah, Surabaya.

SMP Khadijah  sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki Laboratorium IPA sebagai sarana penunjang pembelajaran. Terdapat dua macam Laboratorium IPA yang dimiliki oleh SMP Khadijah,  yaitu Laboratorium Biologi dan Laboratorium Fisika. Menurut wawancara yang telah dilakukan kepada laboran IPA SMP Khadijah Surabaya Ibu Ria Elyza, S.Si, pemisahan laboratorium ini dilakukan agar lebih mudah dalam pengelompokan materi-materi ajar yang termasuk biologi dan fisika. Adapun materi ajar kimia dijadikan satu pada fisika, karena komposisi materi ajar kimia pada kurikulum IPA SMP hanya sedikit. Pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat perubahan fungsi pada laboratorium  di mana pada tahun ajaran ini laboratorium memiliki dwifungsi yaitu sebagai kelas dan laboratorium. Hal ini dikarenakan pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat program moving class. Adanya program moving class tersebut mengakibatkan  laboratorium yang semula dalam penataan bangkunya sesuai dengan kriteria ideal (antar meja satu dengan yang lain 80-90 cm) sekarang menjadi saling berdekatan (kurang dari 80 cm).

Dalam prakteknya, laboratorium dikatakan ideal apabila terdapat beberapa kriteria, antara lain :

Perlengkapan

a)         Perabot (meja, kursi, almari, dan rak)

b)        Alat-alat peraga, yang terdiri dari :

  • Instrumen (alat-alat pengukur listrik, pengarah arus, dsb).
  • Alat-alat dari kaca (gelas ukur, gelas kimia, erlenmeyer, tabung reaksi, dll).
  • Carta/gambar (gambar batang penampang batang, daun, dll).
  • Model (model atom, model mesin uap).
  • Contoh-contoh tumbuhan dan hewan
  • Bahan kimia
  • Film (termasuk slide, film strip dan film biasa).

c)         Perkakas (obeng, tang, pisau, catut, gergaji, kikir, gunting, pemotong kaca, pelubang gabus, dll).

d)        Alat-alat untuk membersihkan (sapu, lap, tempat sampah, dll)

e)         Kumpulan buku (katalog, petunjuk praktikum, kumpulan LKS, dll)

Ruangan-ruangan yang merupakan bagian dari laboratorium antara lain :

a)         Ruang Persiapan

b)        Ruang penyimpanan (gudang)

c)         Ruang gelap

d)        Ruang timbang

e)         Kebun Sekolah atau Rumah Kaca

Tata Letak atau  Lay Out Laboratorium harus memperhatikan :

a)         Arah angin

Tidak terletak di arah angin, karena untuk menghindarkan pencemaran udara ke ruang-ruang lain

b)        Jarak cukup jauh dengan sumber air

c)        Punya saluran limbah sendiri

d)        Jarak cukup jauh dengan bangunan lain, agar memperoleh ventilasi dan penerangan alami yang optimum (mineral jaraknya sama dengan tinggi bangunan, kira-kira 3 meter)

e)         Terletak pada bagian yang mudah dikontrol dalam kompleks (dalam hal pencurian dan kebakaran)

Pegelolaan laboratorium

a)         Memelihara kelancaran penggunaan laboratorium :

–        Harus ada jadwal yang jelas tentang penggunaan laboratorium

–        Harus ada tata tertib laboratorium, dan dilaksanakan dengan tertib

–        Harus selalu dalam keadaan siap pakai

b)        Menyediakan alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan dalam laboratorium

Keselamatan Laboratorium

Beberapa komponen yang erat hubungannya dengan keselamatan laboratorium:

a)         Adanya air yang cukup

b)        Gas

c)         Listrik

d)        Kotak PPPK

e)         Sebaiknya pada dinding laboratorium atau pada dinding kotak PPPK tertera nomor telepon penting.

f)         Alat pemadam kebakaran baik, busa, gas CO2 atau jenis lain

g)        Disediakan kotak berisi pasir kering dengan skopnya

h)        Disediakan selimut anti api

B.       TUJUAN PENGAMATAN

Pengamatan Laboratorium IPA SMP Khadijah bertujuan untuk:

  1. Menganalisis pengelolaan laboratorium di SMP Khadijah.
  2. Mengetahui inventarisasi dan pengadaan alat-bahan praktikum di laboratorium di SMP Khadijah.
  3. Membandingkan kesesuaian penggunaan laboratorium dengan konsep laboratorium ideal sesuai referensi.

3

C.     PEMBAHASAN

Terdapat dua laboratorium IPA di SMP Khadijah yaitu Laboratorium Biologi dan Laboratorium Fisika. Di Laboratorium tersebut terdapat seorang laboran yang bertugas untuk mengelola Laboratorim Biologi dan Laboratorium Fisika. Pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat perubahan fungsi pada laboratorium  di mana pada tahun ajaran ini laboratorium memiliki dwifungsi yaitu sebagai kelas dan laboratorium. Hal ini dikarenakan pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat program moving class.

 

 

              

 1.    Laboratorium Biologi

Laboratorium Biologi SMP Negeri 1 Khadijah terletak di lantai 3 yang berada  di pojok ruangan sebelah utara, menghadap ke timur. Letaknya berdampingan dengan Laboratorium Fisika. Luas ruang Laboratorium Biologi adalah 64 m2. Pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat perubahan fungsi pada laboratorium  di mana pada tahun ajaran ini laboratorium memiliki dwifungsi yaitu sebagai kelas dan laboratorium. Hal ini dikarenakan pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat program moving class. Program moving class ini digunakan karena beberapa pertimbangan yaitu guru lebih mudah untuk menyampaikan materi yang diajarkan karena alat peraga telah tersedia di laboratorium, sehingga dalam  mempelajari materi, siswa mendapatkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna.

Laboratorium Biologi SMP Khadijah berukuran 8 m x 8 m, pada ruang Laboratorium Biologi selain digunakan sebagai ruang praktikum, juga meragkap sebagai ruang persiapan dan ruang penyimpanan. Pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat perubahan fungsi pada laboratorium di mana pada tahun ajaran ini laboratorium memiliki dwifungsi yaitu sebagai kelas dan laboratorium. Hal ini dikarenakan pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat program moving class. Program moving class ini digunakan karena beberapa pertimbangan yaitu guru lebih mudah untuk menyampaikan materi yang diajarkan karena alat peraga telah tersedia di laboratorium, sehingga dalam  mempelajari materi, siswa mendapatkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Sebelum adanya program moving class, Laboratorium Biologi telah direnovasi yang sebelumnya laboratorium ini murni penggunaannya sebagai laboratorium. Jika pada laboratorium Fisika, bangku yang digunakan tidak diganti, namun pada Laboratorium Biologi, bangku yang digunakan seperti bangku kelas. Laboratorium menghadap ke arah timur, hal ini kurang baik karena seharusnya laboratorium yang ideal tidak menghadap ke arah angin agar menghindari pencemaran udara ke ruang – ruang lain. Laboratorium telah memiliki saluran limbah tersendiri sehingga sisa limbah dari praktikum tidak mencemari lingkungan. Jarak laboratorium dengan sumber air cukup dekat, hal ini berguna untuk memudahkan perolehan air untuk praktikum tetapi juga bisa membawa kerugian karena syarat laboratorium ideal adalah jarak cukup jauh dengan sumber air. Jarak bangunan tidak mudah dikontrol karena terletak pada lantai tiga dan juga bangunan berdekatan dengan bangunan lain sehingga apabila terjadi kecelakaan pada laboratorium akan berakibat pada ruangan yang lainnya. Pada laboratorium ini hanya terdapat satu pintu, hal ini tidak baik karena seharusnya pada laboratorium terdapat dua pintu yaitu pintu utama dan pintu darurat. Selain pintu utama, terdapat satu pintu yang menghubungkan Laboratorium Fisika dan Biologi karena letaknya yang berdekatan.

Pada tabel 1 terdapat data mengenai sarana dan prasarana yang terdapat pada Laboratorium Biologi SMP Khadijah. Dari data inventaris yang telah dipaparkan terlihat bahwa hampir secara keseluruhan sarana dan prasarana yang berada pada Laboratorium Biologi SMP Khadijah cukup lengkap yaitu adanya meja demonstrasi dan terdapat 2 washtafel yang menjadi satu dengan meja permanen. Mimbar pada bagian selatan ruangan dengan memiliki ketinggian ± 20 cm sehingga laboran dan guru mata pelajaran lebih leluasa dalam mengawasi para praktikan agar praktikum dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan dari praktikum yang dilakukan serta dapat meminimalisir adanya kecelakaan pada saat praktikum dilakukan. Dari segi pencahayaan, laboratorium memiliki jumlah lampu yang cukup banyak, hal ini dapat menunjang pelaksanaan praktikum, selain itu juga terdapat 2 AC, 1 heksosfan, dan 2 kipas angin. Adanya LCD di laboratorium memudahkan guru dalam menjelaskan materi. Kebersihan pada laboratorium ini kurang, hal ini terbukti dari adanya debu – debu pada lemari kaca dan pada meja permanen yang terpasang menyatu dengan washtafel terdapat pula banyak debu serta washtafel terlihat tidak terawat. Tidak terdapat kotak P3K dan tabung pemadam kebakaran sehingga keamanan kurang terjaga tetapi terdapat tralis pada setiap jendela.

Pada tabel 2 dipaparkan mengenai daftar alat dan media praktikum yang terdapat pada Laboratorium Biologi SMP Khadijah. Secara keseluruhan alat dan media yang dimiliki oleh SMP Khadijah sudah lengkap dan alat serta medianya sudah memenuhi standart kompetensi yang tercantum pada kurikulum SMP. Alat dan media pada Laboratorium Biologi telah tertata rapi dan diklasifikasikan sesuai dengan jenisnya, misalnya alat-alat kaca yang diletakkan pada lemari yang sama.

Pada tabel 3 dipaparkan alat penunjang praktikum yang sangat lengkap sehingga dapat menunjang praktikum yag dilakukan. Pada tabel 4, dipaparkan bahan praktikum yang sangat lengkap, penyimpanan bahan – bahan terpisahkan dengan penyimpanan alat agar tidak terjadi kerusakan pada alat.

Pengelolaan Laboratorium Biologi SMP Khadijah dilakukan oleh seorang laboran yang bertugas untuk mengatur, memelihra, mengadakan / membeli alat dan bahan, menjaga disiplin laboratorium serta menjaga keselamatan laboratorium, mengadministrasikan alat dan bahan. Laboran pada Laboratorium IPA SMP Khadijah mengeolah Laboratorium  Biologi dan Fisika sehingga pengelolahan Laboratorium Biologi dan Fisika dilakuakan oleh orang yag sama. Pada Laboratorium Biologi  terdapat tata tertib yang memuat larangan, anjuran dan petunjuk. Terdapat pula daftar inventaris alat praktikum.

 2.    Laboratorium Fisika

Laboratorium Fisika SMP Khadijah berukuran 8 m x 8 m, pada ruang Laboratorium Fisika selain digunakan sebagai ruang praktikum, juga meragkap sebagai ruang persiapan dan ruang penyimpanan. Pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat perubahan fungsi pada laboratorium di mana pada tahun ajaran ini laboratorium memiliki dwifungsi yaitu sebagai kelas dan laboratorium. Hal ini dikarenakan pada tahun ajaran 2011-2012 terdapat program moving class. Program moving class ini digunakan karena beberapa pertimbangan yaitu guru lebih mudah untuk menyampaikan materi yang diajarkan karena alat peraga telah tersedia di laboratorium, sehingga dalam  mempelajari materi, siswa mendapatkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Sebelum adanya program moving class, Laboratorium Fisika telah direnovasi yang sebelumnya laboratorium ini murni penggunaannya sebagai laboratorium. Laboratorium menghadap ke arah timur, hal ini kurang baik karena seharusnya laboratorium yang ideal tidak menghadap ke arah angin agar menghindari pencemaran udara ke ruang – ruang lain. Laboratorium telah memiliki saluran limbah tersendiri sehingga sisa limbah dari praktikum tidak mencemari lingkungan. Jarak laboratorium dengan sumber air cukup dekat, hal ini berguna untuk memudahkan perolehan air untuk praktikum tetapi juga bisa membawa kerugian karena syarat laboratorium ideal adalah jarak cukup jauh dengan sumber air. Jarak bangunan tidak mudah dikontrol karena terletak pada lantai tiga dan juga bangunan berdekatan dengan bangunan lain sehingga apabila terjadi kecelakaan pada laboratorium akan berakibat pada ruangan yang lainnya. Pada laboratorium ini hanya terdapat satu pintu, hal ini tidak baik karena seharusnya pada laboratorium terdapat dua pintu yaitu pintu utama dan pintu darurat.

Pada tabel 1 terdapat data mengenai sarana dan prasarana yang terdapat pada Laboratorium Fisika SMP Khadijah. Dari data inventaris yang telah dipaparkan terlihat bahwa hampir secara keseluruhan sarana dan prasarana yang berada pada Laboratorium Fisika SMP Khadijah cukup lengkap yaitu adanya meja demonstrasi yang tidak permanen. Pada sisi timur ruangan terdapat 2 washtafel yang menjadi satu dengan meja permanen. Mimbar pada bagian selatan ruangan dengan memiliki ketinggian ± 20 cm sehingga laboran dan guru mata pelajaran lebih leluasa dalam mengawasi para praktikan agar praktikum dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan dari praktikum yang dilakukan serta dapat meminimalisir adanya kecelakaan pada saat praktikum dilakukan. Dari segi pencahayaan, laboratorium memiliki jumlah lampu yang cukup banyak, hal ini dapat menunjang pelaksanaan praktikum, selain itu juga terdapat AC dan heksosfan. Adanya LCD di laboratorium memudahkan guru dalam menjelaskan materi. Kebersihan pada laboratorium ini kurang, hal ini terbukti dari adanya debu – debu pada lemari kaca dan meja demonstrasi serta didalam lemari kaca terdapat bungkus permen, dan pada meja permanen yang terpasang menyatu dengan washtafel terdapat banyak debu serta washtafel terlihat tidak terawat. Terdapat kotak P3K dan tabung pemadam kebakaran serta terdapat tralis pada setiap jendela sehingga keamanan pada laboratorium dapat terjaga.

Pada tabel 2 dipaparkan mengenai daftar alat dan media praktikum yang terdapat pada Laboratorium FisikaSMP Khadijah. Secara keseluruhan alat dan media yang dimiliki oleh SMP Khadijah sudah lengkap dan alat serta medianya sudah memenuhi standart kompetensi yang tercantum pada kurikulum SMP. Alat dan media pada Laboratorium Fisika telah tertata rapi.Semua alat dan media tertata berdasarkan jenis dan kegunaannya misalnya alat-alat listrik tertata pada satu lemari yang sama. Terdapat pula alat yang diletakkan pada lantai di bawah meja permanen, alat tersebut yaitu statif. Hal ini dikarenakan statif lebih aman dan lebih leluasa apabila diletakkan di bawah dibandingkan diletakkan di atas meja ataupun lemari.

Pada tabel 3 dipaparkan alat penunjang praktikum yang sangat lengkap, alat penunjang tersebut tidak hanya digunakan untuk praktikum fisika tetapi juga untuk praktikum kimia sehingga materi-materi pembelajaran IPA yang memerlukan praktikum dapat dilaksanakan. Pada tabel 4, dipaparkan bahan praktikum yang sangat lengkap, penyimpanan bahan – bahan terpisahkan dengan penyimpanan alat.

Pengelolaan Laboratorium Fisika SMP Khadijah dilakukan oleh seorang laboran yang bertugas untuk mengatur, memelihra, mengadakan / membeli alat dan bahan, menjaga disiplin laboratorium serta menjaga keselamatan laboratorium, mengadministrasikan alat dan bahan. Pada laboratorium fisika terdapat tata tertib yang memuat larangan, anjuran dan petunjuk. Terdapat pula jadwal praktikum, struktur organisasi pengelolaan laboratorium.

 


 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A.    KESIMPULAN

Dari hasil observasi yang kami lakukan di Laboratorium IPA SMP Khadijah dapat disimpulkan bahwa Laboratorium IPA SMP Khadijah memiliki peralatan, ruangan, dan pengelolaan laboratorium yang sudah memenuhi standart sebagai laboratorium yang baik tetapi tata letak ruangan kurang ideal sehingga sulit dijangkau dan apabila terjadi kecelakaan pada laboratorium sulit dilakukan evakuasi. Selain itu kebersihan di laboratorium kurang terawat.

B.     SARAN

Perlu adanya peningkatan kebersihan Laboratorium IPA.

Perlu adanya perluasan ruangan sehingga meskipun digunakan sebagai kelas tetapi tetap efektif digunakan sebagai laboratorium.

Lantai pada laboratorium sebaiknya tidak terbuat dari keramik untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Pada Laboratorium Biologi perlu adanya P3K dan pemadam kebakaran untuk menunjang keselamatan kerja dan keamanan praktikan.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar inventaris Laboratorium IPA SMP Khadijah, Surabaya

Syarief, Sri Hidayati.2006.PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

About fafa

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains 2011 A FMIPA UNESA

Posted on May 27, 2013, in LAPORAN PRAKTIKUM. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: